Seperti Apa Ketakwaan itu Wahai Syekh?

Masih kutipan dari buku Cahaya dari Madinah, halaman 169-171, Bab: Jemaah Bertanya, Syekh Ali Jaber Menjawab.

Saya ingin bertanya kepada Syekh Ali, di dalam Al-Qur’an Allah Swt., berfirman:

“…Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” (QS. Al-Thalaq [65]: 2)

Yang ingin saya tanyakan adalah: ketakwaan itu seperti apa, baik ketakwaan kepada Allah dan juga ketakwaan dalam menjalani kehidupan kita sebagai pemimpin?

Kalau saya mau berbicara tentang takwa, maka satu hari belum tentu bisa selesai. Tapi, inti dari takwa adalah bukan hanya di masjid, dan takwa itu haruslah kita jaga di luar masjid sebagaimana saat kita berada di dalam masjid. Takwa itu bukan hanya saat kita sendirian, tapi takwa itu harus ada di saat kita berhubungan dengan orang lain, baik dalam hal usaha, bekerja, dan hal apa saja.

Apalagi sebagai orang yang bertanggung jawab diberikan sebuah amanah untuk menjadi pemimpin. Disarankan baginya untuk bertakwa lebih tinggi. Jadi, takwa itu bisa dikaitkan dengan muamalah kita, baik dalam hubungan kita dengan Allah, manusia, dan dengan diri sendiri serta keluarga.

Jadi, inti dari takwa itu adalah; bagaimana lahir dan batin kita bisa jadi lebih baik. Arti nya; jangan hanya pura-pura baik di depan orang, tapi saat kita sendirian kita berubah jadi tidak baik. Padahal Allah Maha melihat lagi Maha Mengetahui.

Kalau kita memang ingin menjadi orang yang takwa, dan takwa kita bisa berkembang dalam setiap sisi kehidupan kita sehari-hari, serta kita selalu mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupan ini. Maka, laksanakanlah ketakwaan itu di masjid maupun di luar masjid, sendirian maupun berjemaah, bersama diri, keluarga ataupun dengan orang lain, bersama muslim maupun non-muslim, dan kita selalu menjaga kebaikan untuk semuanya. Itulah inti daripada takwa.

Di situlah kunci di mana saat kita mengalami cobaan dan kesulitan, maka Allah Swt., akan memberikannya jalan keluar dari kesulitan tersebut. Jadi tidak ada kesusahan, karena jalan keluarnya sudah disediakan oleh Allah Swt., disebabkan kita termasuk orang-orang yang bertakwa. []

Post Author: ibnumuslim

Leave a Reply