Klasifikasi Shalat Sunnah & Keutamaannya

Shalat merupakan ibadah badaniyah yang paling afdhal atau paling utama untuk kita kerjakan. Bahkan ibadah shalat itu lebih afdhal atau lebih utama dari pada ibadah puasa. Imam an-Nawawi rahimahullah (w.676 H) telah mengatakan hal ini dalam kitabnya al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab: Adapun mengenai masalah ini madzhab yang shahih dan masyhur adalah bahwa sesungguhnya ibadah shalat itu lebih afdhal dari pada ibadah puasa, bahkan lebih afdhal dari seluruh ibadah badaniyah.

Kenapa bisa demikian? Ternyata alasannya adalah bahwa dalam shalat itu terkumpul di dalamnya beberapa ibadah seperti diawali dengan thaharah (wudhu), menghadap kiblat, membaca ayat al-Quran, membaca dzikir dan shalawat kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam telah bersabda: “Sesungguhnya Allah berfirman: Siapa yang memusuhi waliKu maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqarrub kepadaku itu lebih Aku sukai dari apa yang aku wajibkan padanya. Dan seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepadaku dengan amalan sunnah sampai Aku mecintainya” Jika Aku mencintainya maka Aku akan menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku akan menjadi penglihatannya ketika dia melihat, Aku akan menjadi tangannya ketika dia memukul, Aku akan menjadi kakinya ketika dia berjalan. Jika dia meminta kepadaku maka sungguh akan Aku beri dia, jika dia minta perlindungan maka sungguh akan Aku lindungi dia. (HR. Al-Bukhari).

Keutamaan Shalat Sunnah

  1. Menutupi Kekurangan Dalam Shalat Fardhu
  2. Ibadah Sunnah Paling Afdhal
  3. Bisa Menemani Nabi di Surga
  4. Dosanya Berguguran Ketika Ruku’ & Sujud
  5. Dicintai Oleh Allah SWT
  6. Doanya Mustajab
  7. Derajatnya Diangkat Disisi Allah SWT

Shalat sunnah yang telah dijelaskan oleh para ulama tentu memiliki beberapa ciri khas khusus. Dan dalam menjalankan shalat sunnah tentu kita harus mempelajari ilmunya terlebih dahulu. Hal ini kita lakukan agar ketika menjalankan shalat sunnah tidak ada lagi kesalahan atau kekeliruan. Sebab masih banyak diantara kita yang belum paham ilmu seputar shalat sunnah ini.

Waktu Terlarang Shalat Sunnah

  1. Ketika Matahari Terbit
  2. Ketika Matahari Tepat di Atas Kepala
  3. Ketika Matahari Terbenam
  4. Setelah Shalat Shubuh
  5. Setelah Shalat Ashar

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Judul: Klasifikasi Shalat Sunnah & Keutamaannya
Penulis: Muhammad Ajib, Lc., MA
Terbit: 9 Maret 2020
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 60
Legalitas: Waqaf/Gratis

Baca juga:

Keutamaan Zikir dan Doa
Ikatlah Ilmu dengan Menuliskannya
Halalkah Sembelihan Orang yang Sedang Junub?

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply