Ketika Istri Berbuat Nusyuz

Kata Nusyuz berasal dari kosakata arab yang mempunyai arti tempat yang tinggi dari permukaan bumi. Dalam hal ini, nusyuz bermakna kedurhakaan istri dan rasa besar diri terhadap suami. Secara Umum, ada dua pengertian yang agak berbeda dalam mendefinisikan Nusyuz secara istilah:

  1. Hanafiyah: Keluarnya istri dari rumah suaminya tanpa hak
  2. Mayoritas ulama dari kalangan madzhab Maliki, madzhab Syafii dan madzhab Hambali berbeda dengan madzhab hanafi ketika mendefinisikan nusyuz, Keluarnya istri dari kewajiban taat pada suaminya.

Kebanyakan ulama secara jelas dan terang sudah menyebutkan bahwa nusyuz adalah perbuatan menyimpang yang timbul dan dilakukan oleh seorang istri kepada suaminya, bukan sebaliknya yaitu perbuatan menyimpang suami kepada istrinya.

Namun ada sebagian ulama yang menjelaskan bahwa nusyuz tidak hanya sebatas perbuatan menyimpang dari istri ke suami saja, namun juga berlaku sebaliknya. Ketika suami berbuat menyimpang kepada istrinya, maka hal tersebut juga disebut sebagai perbuatan nusyuz. Syaikh Syarqawi mengatakan bahwa Nusyuz bisa terjadi dari sang istri dan sang suami, meskipun hal ini (penyebutan nusyuz) tidaklah populer diarahkan kepada suami.

Bentuk Nusyuz

Ulama malikiyah memandang apabila ada seorang istri yang tidak menunaikan hak Allah Subhanahu Wata’ala dan kewajibannya sebagai hambaNya, seperti tidak menunaikan kewajiban shalat tanpa adanya udzur, atau tidak mengerjakan puasa wajib tanpa udzur, maka menurut ulama malikiyah, hal ini tergolong perbuatan nusyuz. Dan konsekuensinya adalah sang istri harus mendapatkan hukuman sebagaimana yang tertera dalam surat an-nisa ayat 34.
Mayoritas Ulama tidak sepakat dengan pendapat yang diutarakan oleh sekelompok ulama malikiyah. Jumhur Ulama berpendapat bahwa apabila ada seorang istri yang tidak menunaikan kewajibannya sebagai hamba Allah serta tidak memenuhi hak-hak Allah Subhanahu Wata’ala, maka hal tersebut tidaklah dikategorikan sebagai tindakan nusyuz.

Berkaitan dengan Hak Suami

Berperilaku Buruk Terhadap Suami

Tidak Melayani Suami

Istri Tidak Mau Pergi sama Suaminya

Istri Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

Hukuman kepada Istri yang nusyuz

Allah sudah memberikan arahan untuk menghukum istri yang berbuat nusyuz. Dan logikanya, hukuman tidak mungkin diarahkan kecuali kepada orang yang telah melanggar sebuah aturan. Adapun bentuk hukumannya, akan dijelaskan dalam pembahasan selanjutnya.

Apa saja Faktor Terjadinya Nusyuz dan Bagaimana Solusinya

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Judul: Ketika Istri Berbuat Nusyuz
Penulis: Syafri Muhammad Noor, Lc.
Terbit: 18 Desember 2018
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 41
Legalitas: Waqaf/Gratis

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply