Kartu Kredit Syariah

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya di Hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya. HR. al-Bukhari dan Muslim

Kartu Kredit
Ilustrasi : Credit Card

“Kartu Kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pemegangnya untuk dapat berbelanja tanpa membayar kontan dan pengeluaran belanja” (KBBI)

Semua transaksi dicatat dan diperhitungkan dalam rekening pemilik kartu di bank tersebut. Saat ini kartu kredit disediakan oleh Bank Konvensional dan Bang Syariah.

Kartu kredit syariah sudah memiliki payung hukum sejak 2006. Hingga kini pengguna masih sedikit, karena umat Islam menggunakannya  khawatir terjebak riba. 

Fatwa Dewan Syari’ah Majelis Ulama Indonesia (MUI) :

Akad yang digunakan dalam Syariah Card adalah:

a. Kafalah; dalam hal ini Penerbit Kartu adalah penjamin (kafil) bagi Pemegang Kartu terhadap Merchant atas semua kewajiban bayar (dayn) yang timbul dari transaksi antara Pemegang Kartu dengan Merchant, dan/atau penarikan tunai dari selain bank atau ATM bank Penerbit Kartu. Atas pemberian Kafalah, penerbit kartu dapat menerima fee (ujrah kafalah).

b. Qardh; dalam hal ini Penerbit Kartu adalah pemberi pinjaman (muqridh) kepada Pemegang Kartu muqtaridh) melalui penarikan tunai dari bank atau ATM bank Penerbit Kartu.

c. Ijarah; dalam hal ini Penerbit Kartu adalah penyedia jasa sistem pembayaran dan pelayanan terhadap Pemegang Kartu. Atas Ijarah ini, Pemegang Kartu dikenakan membership fee

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Judul: Kartu Kredit Syariah
Penulis: Luky Nugroho, Lc.
Terbit: 1 Oktober 2018
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 34
Legalitas: Waqaf/Gratis

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply