Istri Bekerja Mencari Nafkah?

Dalil-dalil dalam Al Quran

Diwajibkan kepada suami memberi nafkah dan pakaian istri-istrinya dengan cara yang baik. (Al- Baqarah: 233)

Jika para istri kalian menyusui anak-anak kalian, maka berikanlah mereka imbalan (nafkah) untuk mereka. (Ath-Thalaq: 6)

Diriwayatkan dari Aisyah RA, bahwa Hindun ibunya Mu’awiyah bin Abi Sufyan mengadu kepada rasulullah SAW: Sesungguhnya Abu Sufyan adalah seorang yang sangat bakhil, maka apakah aku berdosa mengambil hartanya secara diam-diam? Lalu rasulullah SAW berkata: Ambillah wahai Hindun, sebanyak yang bisa mencukupi kebutuhanmu dan anak-anakmu dengan cara yang baik.

(HR: Al Bukhari)

Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) 2016, jumlah total buruh, karyawan dan pegawai dari 17 sektor pekerjaan sebanyak 45,8 juta orang. Lalu kalau dibedakan berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan peremuan, sebanyak 29,3 juta laki-laki dan sisanya yaitu 16,4 juta perempuan.
Kalau dibuat prosentasenya, pekerja laki-laki sebanyak 64 persen dan pekerja perempuan 36 persen. Angka ini tentu akan terus secara dinamis mengalami perubahan seiring dengan berjalannya waktu, namun setidaknya kita punya gambaran utuh tentang seberapa banyak para wanita yang terjun ke dunia kerja.
Jumlah pekerja wanita sampai 16 jutaan itu cukup banyak juga. Dan setidaknya sebagiannya adalah wanita yang sudah bersuami atau berumah tangga.Mereka adalah ibu bagi anak-anak di rumah. Namun mereka bekerja di luar rumah.
Sebagiannya bekerja untuk aktualisasi diri, karena berkesempatan mendapatkan jenjang pendidikan yang baik. Sayang-sayang kalau ilmunya tidak diamalkan. Mereka bisa masuk ke level yang lebih nyaman, bekerja dengan gaji tinggi, kantor di gedung megah menjulang, dingin ber-AC dengan semua fasilitas menarik. Namun kalau kita cermati lebih jauh, kebanyakannya justru masuk di sektor yang lebih rendah, entah jadi buruh pabrik, petani, pedagang kecil dan sederajat.

Motivasinya jelas untuk membantu nafkah suami atau keluarga. Malah tidak sedikit pekerja wanita yang justrumenjadi tulang punggung nafkah keluarga. Entah karena suaminya tidak ada, wafat, dicerai, atau jadi pengangguran.

Isnawati Lc., MA

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Judul: Istri Bekerja Mencari Nafkah?
Penulis: Isnawati Lc., MA
Terbit: 16 Oktober 2018
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 30
Legalitas: Waqaf/Gratis

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply