E-book Gratis Legal: Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit

Seorang muslim wajib meyakini bahwa tertularnya seseorang ataupun tidak, itu semua atas dasar kehendak Allah swt. Dan jika Allah berkehendak, maka tidak akan seorangpun dapat jatuh ke dalam suatu bahaya jika telah ditetapkan bahwa ia akan diselamatkan.

Al Quran Surat: At-Taubah: 51
Katakanlah: “Sekali-kali tidak akan menimpa kami melainkan apa yang telah ditetapkan Allah untuk kami. Dialah Pelindung kami, dan hanya kepada Allah orang-orang yang beriman harus bertawakal.”

Adzab Atas Orang Kafir dan Bala’ Bagi Orang Beriman

Dari Aisyah: bahwa dia pernah mengabarkan kepada kami tentang thaun, lantas Nabiyullah shallallahu ‘alaihi wasallam memberitahukan kepadanya: “Bahwa thoun merupakan azab yang Allah timpakan terhadap siapa yang dikehendakiNya, dan menjadikannya sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman… (HR. Al Bukhari)

Namun tentunya, meskipun wabah penyakit yang ditetapkan atas orang kafir adalah adzab, bukan berarti seorang muslim tidak boleh membantu mereka atas dasar ketentuan ini. Sebab, Islam mengajarkan untuk senantiasa saling tolong menolong dalam kebaikan, meskipun hal tersebut dilakukan kepada orang-orang kafir.

Al Quran Surat: Al Mumtahanah 8

Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tiada memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.

Judul: Fiqih Menghadapi Wabah Penyakit
Penulis: Isnan Ansory, Lc, MA
Terbit: Jum’at, 3 April 2020
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 54
Legalitas: Waqaf/Gratis

Agar lebih lengkap dan anda bisa membacanya dengan tuntas silahkan Klik Download di Sini

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply