Mengunduh E-book Legal atau Illegal?

UU No. 19 Tahun 2014, dan Tentang Hak Cipta :

Pembajakan adalah Penggandaan Ciptaan dan/atau produk Hak Terkait secara tidak sah dan pendistribusian barang hasil penggandaan dimaksud secara luas untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

Membaca ada kunci ilmu pengetahuan. banyak hal yang ingin kita ketahui, kita pelajari, atau yang ingin ketahui bisa didapatkan dengan membaca. Sering orang tua memberi nasehat kepada anaknya pepatah “rajin membaca pangkal pandai”. Membaca tak selalu dilakukan sekolah, bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Dengan membaca bisa sukses dalam menjalani kehidupan, profesi, bisnis, dan apapun pilihan profesi dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Walter Elias Disney, pemilik usaha konglomerasi The Walt Disney Company , memiliki ratusan usaha dan jaringan usaha di berbagai negara di dunia. The Walt Disney, saat ini memiliki 223 ribu karyawan, dan membukukan penjualan sebesar USD. 74,4 Milyar (Rp. 1,043,3 Trilyun-Kurs hari ini). Ada 2 hal selalu lakukan oleh Walter Elias Disney, membaca dan fokus. ( Baca : Ini 5 kualitas yang bikin orang hobi baca berbakat sukses )

Dengan perkembangan teknologi digital saat ini, membaca bisa dilakukan dengan gampang, dengan gawai yang kita miliki, lewat media sosial, atau laman-laman web. Sangat mudah, praktis, dan bisa dimanapun.

Kalau ingin mendalami sesuatu, banyak tersedia di penjualan online atau secara gratis dalam bentuk e-book. Tinggal keinginan untuk membaca dan menyediakan waktu untuk membaca.

Mengunduh E-book Legal atau Illegal?

Menjadi penulis itu gampang? Iya sangat gampang, semua sarana untuk menjadi penulis dan apa yang akan ditulis bisa didapatkan pada fasilitas pencarian di perambah-perambah sesuai minat. Dan bisa diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti cetakan, blog, atau ditayangkan di media online maupun offline.

Seorang penulis mendapatkan yang disebut Hak Cipta dan dilindungi oleh UU Hak Cipta :

Ciptaan yang dilindungi meliputi Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, terdiri atas:


a. buku, pamflet, perwajahan karya tulis yang diterbitkan, dan
semua hasil karya tulis lainnya

Hak ini melekat atas tulisannya, dan dilindungi. Penulis juga berhak menyerahkannya kepada penerbit dalam bentuk cetakan atau dijital dengan imbalan atau perjanjian yang disepati. Penulis atau penerbit berhak mendapatkan keuntungan secara ekonomi.

Terkait hak menyiarkan atau mengedarkan hak cipta tulisan diatur dalam UU Hak Cipta :

Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan
menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mendistribusikan atau Mengunduh e-book tanpa izin pemilik hak cipta tulisan adalah perbuatan illegal dan melanggar hukum.

Artikel ini bisa juga dibaca di Kompasiana dan beberapa artikel lainnya di Kompasiana

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply