Bijak Dalam Berbeda

Buku kecil ini adalah upaya penulis untuk berbagi kepada pembaca tentang sedikit informasi yang penulis punya terkait bagaimana bersikap di tengah perbedaan umat yang ada saat ini. Di dalam buku kecil ini, penulis sajikan beberapa contoh sikap dari ulama, julai zaman sahabat sampai ulama kekinian, bagaimana mereka menyikapi perbedaan yang terjadi dan mereka alami.

Kaidah-kaidah yang ulama tetapkan untuk bersikap dalam perbedaan pun penulis serta dalam buku kecil ini. Tak lupa juga nasihat dari para ulama untuk kita dalam kebingungan menghadapi perbedaan yang ada.

“Sejatinya maksud/tujuan (yang baik) dan pekerjaan yang tidak dibarengi dengan ilmu, itu berarti kebodohan dan kesesatan serta hanya mengikuti hawa nafsu”  | (Imam Ibnu Taimiyah dalam al-Istiqamah 2/230)

Berbeda pendapat bukanlah sesuatu yang keliru dan disalahkan, akan tetapi jika perbedaan itu ditonjolkan depan khalayak yang sudah paten memakai satu pendapat, bukan tidak mungkin terjadi perpecahan. Apalagi sampai keluar statemen bahwa “ini yang benar, dan yang dilakukan selama ini menyalahi sunnah!”, tentu yang seperti ini rawan membuahkan perpecahan.

Baca selengkapnya, download klik di sini.

Judul: Bijak dalam Berbeda
Penulis: Ahmad Zarkasih, Lc
Terbit: 22 September 2018
Penerbit: Rumah Fiqih Publishing
Halaman: 28
Legalitas: Waqaf/Gratis

Baca juga:

Post Author: ibnumuslimid

Leave a Reply